Minggu, 23 Oktober 2011

Aliran Listrik Dapat Mempertajam Pikiran

Aliran listrik di level tertentu dapat membantu kita berpikir. Namun, bagaimana dengan bermain video game? Apakah bantuan aliran listrik dapat menstimulasi otak gamer dan menjadikannya lebih hebat dalam bermain? Sebuah penelitian di Amerika Serikat menguji hal ini. Di penelitian ini, sederetan sukarelawan diminta untuk bermain DARWARS Ambush, sebuah video game yang didesain khusus untuk membantu persiapan dan pelatihan tentara yang akan ditugaskan di Irak. Sebuah spon basah ditempel di bagian kanan pelipis masing-masing subjek. Spon tersebut berperan sebagai konduktor aliran listrik yang ditenagai oleh baterai 9 volt

img

Teknik pemberian aliran listrik di kepala ini dinamakan Transcranial Direct-current Stimulation (tDCS). Vincent Clark, seorang ilmuan dari Universitas New Mexico, mengatakan bahwa teknik ini dapat membantu proses pembelajaran. Ternyata, proses pembelajaran ini termasuk saat bermain video game. Subjek yang diberikan aliran listrik sebesar 2 miliampere dapat mempelajari setiap aspek video game lebih cepat dibandingkan subjek lainnya.

Penelitian dengan menggunakan tDCS ini didanai oleh US Defense Advanced Research Projects Agency dengan tujuan mempertajam pikiran para tentara di medan perang. Hasil penelitian yang didapatkan masih terbatas kepada pengaruh tDCS terhadap cara bermain video game DARWARS Ambush. Namun, hasil ini menunjukkan adanya potensi penerapan di situasi perang yang nyata. Selain itu, para peneliti juga mengembangkan penggunaan tDCS untuk mengobati depresi dan stroke.

Source : http://www.nature.com/news/2011/110413/full/472156a.html

0 komentar:

Posting Komentar

    Blogger news

    Blogroll

    About