Rabu, 23 November 2011

Membuat Bootable File ISO Windows XP/Vista/7 Dengan Infra Recorder

Sering kali setiap OS windows yang terinstall di pc kita mengalami masalah, entah itu error, terkena serangan virus dll, maka cara yang kita tempuh adalah Install Ulang. Yah bagi anda yang memiliki CD atau DVD installan Windows sendiri pasti gak masalah, tapi bagaimana untuk yang tidak memiliki ? hehe hanya satu solusi yang dapat di pilih, yaitu pergi ke tempat service menjadi satu satunya jalan keluarnya. Jika telah begitu maka mau gak mau kita harus mengorek isi dompet dalam dalam. Berapa biaya install ulang OS di tempat anda ? kalau di tempat saya 100 ribu rupiah. Haha mahal kan, dulu sering banget saya keluar masuk tempat service hanya untuk Install ulang OS di komputer rumah, entah sudah berapa duit yang terbuang sia sia, saat itu saya masih bodoh bodohnya ( wkwkwk maklum loading otak saya lambat jadinya ketinggalan jaman deh ).
+ Lah terus sekarang sudah pintar ?
- Yah syukurlah masih belum :-D ehehe malah jadi curhat.
Nah melirik dari masalah di atas maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tuntas bagaimana cara untuk memburning File ISO dengan Infra Recorder sehingga dapat autorun saat di jalankan ( bootable ). Untuk prakteknya di sini saya menggunakan windows XP Service Pack 3 royale yang sebelumnya sudah saya share beberapa waktu lalu. Untuk yang belum pernah berurusan dengan burning memburning file, semoga artikel yang saya buat ini bisa berguna untuk anda.

Bahan 1:
1. CD-R / DVD-RW dengan kapasitas 1 GB
2. Notebook / Komputer ( ini wajib dimiliki hehe )

Bahan 2: 
1. Download File Windows XP SP 3 di sini
Sudah di download ? kalau sudah langsung saja balik ke sini ^^
2. Download File Infra Recorder di sini
Sudah di download ? kalau sudah balik sini lagi ^^
3. Download HJSplit di sini
Kalau sudah balik lagi ke sini :-D Jangan nyasar kemana mana

Step by step:
1. Rename atau hapus semua extensi rar pada file windows rar yang anda download:
Contoh nama filenya:
windows_xp_sp_3Team.rar.001.rar
windows_xp_sp_3Team.rar.002.rar
Hapus extensi rarnya sehingga seperti ini:
windows_xp_sp_3Team.rar.001
windows_xp_sp_3Team.rar.002
Loh kok ga bisa ? hapusnya gimana ? Nah untuk melihat extension rarnya maka sebelumnya klik tools >> Folder Options >> View >> lalu uncheck "Hide Extensions for known file types"
2. Sudah belum ?? lanjut yah,, sekarang join semua part file yang sudah di rename menjadi satu dengan HJSplit: klik Join >> pada input file masukan part 1 file windows downloadtan anda lalu klik start ( tunggu sampai proses join selesai )
3. Nah setelah itu akan muncul sebuah file rar hasil dari penggabungan seluruh file windows tadi, silahkan di extrak filenya ( saat di minta password jangan lupa di ketik manual: carlos_roy_fajarta@idws ).
4. Setelah proses nomer 3 tadi maka akan menghasilkan sebuah file ISO. setelah ISO filenya keluar, saatnya untuk proses burning, sekarang masukan Kaset CD-R atau DVD-R yang anda miliki lalu buka software Infra Recorder dan klik "Write Image" lalu klik Open. Cari File ISO Windows XP Service Pack 3 tadi 
5. Sekarang ubah "Write Speed" ke 3.5x lalu klik Ok
6. Selesai

0 komentar:

Posting Komentar

    Blogger news

    Blogroll

    About